Khalifah Umar bin Khattab Menaklukkan Wilayah Baitul Maqdis

Posted by Wahyudi Poriansyah 11:55 AM, under | No comments

Umar bin Khattab r.a. adalah seorang Khalifah Islam yang tegas dalam menjalankan pemerintahan. Walaupun demikian, beliau suka berlaku lembut dan santun terhadap orang miskin, lemah, Kaum Zimmi bahkan terhadap penduduk non Muslim yang telah ditaklukinya.

Ketika pasukan Islam berhasil menaklukkan wilayah Il’ya di Baitul-Maqdis, penduduk-penduduk yang beragama Kristian berserta Paderi Besarnya menghendaki Kalifah Umar sendiri datang untuk membuat perjanjian damai dengan mereka. Lalu berangkatlah Umar ke sana untuk membuat perjanjian damai yang berisi jaminan terhadap jiwa, serta harta benda, gereja-gereja, salib-salib dan hal-hal yang berkenaan soal-soal hubungan antara agama. Dalam perjanjian tersebut Umar r.a. melarang berlaku keras terhadap penganut-penganut agama Kristian serta tindakan-tindakan yang mendatangkan kesusahan kepada mereka.

Ketika Umar r.a. bersama Paderi Besar di gereja Al-Qiyamah, masuklah waktu sembayang. Sayyidina Umar bergegas keluar untuk bersembahyang pada suatu sudut gereja itu. Hal ini diketahui oleh paderi besar, lalu berkata kepada Saiyidina Umar r.a.: “Silakan bersembahyang di dalam Ya Amirul Mukminin.” Jawab Umar r.a. “Terima kasih tuan. Saya sengaja sembahyang di luar supaya di belakang hari kelak jangan ada orang berkata Umar mau menukarkan gereja kepada masjid, lalu diikuti pula oleh kaum muslimin yang lain.” Demikianlah ketinggian akhlak Sayyidina Umar r.a. dalam hal kecilpun dipertimbangkannya juga.
Sumber:
Kumpulan Kisah-kisah Teladan

0 comments:

Photobucket

Blog Archive

Label Blogumus

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

KELUARGA Q

KELUARGA Q